Posted by : information | All about News Sabtu, 18 Mei 2013




Banyak orang yang masih bertanya-tanya sebab Islam harus turun di Arab? Kenapa tidak turun di Romawi atau Yunani? Bukankah kedua Negara tersebut merupakan Negara yang kaya akan Ilmu pengetahuan, mau tahu sebabnya apa, lihat penjelasannya sebagai berikut :

1. Bangsa Arab adalah bangsa pedagang yang mana suka melakukan perjalanan kemana - mana sehingga memudahkan penyebaran agama Islam.

2. Bangsa Arab adalah Bangsa yang sangat kental rasa persaudaraannya, bahkan walaupun salah akan tetap dibela, apalagi kalau hal tersebut benar. Bahkan salah seorang sahabat pernah mengantakan "Wahai Nabi, kami ini bukan seperti kaumnya Nabi Musa (yaitu Bani Israel) ketika disuruh berperang yang mana mereka justru mengatakan biarlah kamu Musa dan Tuhanmu yang berperang dan ketika kamu sudah menang barulah kami masuk, kami bukanlah seperti itu, seandainya engkau (Nabi) menyuruh kami masuk ke lobang biawak pun akan kami lakukan.

3. Dalam Bangsa Arab masih terdapat ajaran-ajaran hanif Nabi Ibrahim a.s. yaitu seperti Thowaf, berkurban, dan lainnya yang mana itu adalah terusan ajaran para Nabi.

4. Bangsa Arab adalah bangsa yang paling suci dan paling lugu pemikirannya tidak seperti Bangsa- bangsa di sekitarnya, dari segi moral mereka lebih rusak dari Bangsa Arab, contohnya saja Raja Romawi yang menikahi anaknya sendiri, hanya saja dari bangsa Arab banyak sekali kesalah pahaman pemikiran yang mungkin masih dapat diluruskan seperti Berjudi dan mabuk-mabukan dianggap sebagai perilaku darmawan, membuat patung-patung yang dianggap wasilah menuju Allah SWT,
Membunuh anak perempuan dianggap membuang aib keluarganya, dan memberikan riba dianggap taqarub kepada Allah.
Sedangkan dari segi Teology, bangsa Arab masih terbilang murni, mereka masih mengatakan Allah SWT bukan tuhan yang lain, yang lain hanyalah perantara-perantara.

5. Bangsa Arab adalah bangsa yang masih jauh pemikirannya dibandingkan Romawi dan Yunani yang sudah sangat maju, seandainya Islam turun di Romawi dan Yunani pastilah mereka beranggapan bahwa Islam menjiplak dari dua Negara tersebut.
Mungkin itulah beberapa sebab mengapa Islam turun di Bangsa Arab dan bukan yang lain.

Pendapat Lain

Sebagian orang memberikan jawaban, terutama ditujukan untuk anak-anak, bahwa Arab dipilih karena saat itu masyarakatnya merupakan masyarakat yang paling rusak.
Tentu saja, kemudian orang akan bertanya,Memangnya kenapa kalau masyarakatnya paling rusak? Bukankah itu malah akan menguras banyak tenaga? Kalau Islam turun ke bumi bertujuan untuk membentuk sebuah sistem hidup yang sempurna, bukankah akan lebih efisien kalau wilayah formasinya adalah wilayah yang sudah mendekati kesempurnaan itu sendiri, artinya yang justru kebobrokan masyarakatnya paling kecil? Dari pertanyaan tersebut, kita bahkan akan berpikiran lain,Jangan-jangan, justru masyarakat Arab saat itu merupakan masyarakat yang paling mendekati
kesempurnaan itu, yang tentu saja akan menjadi ladang yang sangat baik bagi tumbuhnya tanaman
yang bernama Islam.

Dugaan lebih lanjut tentang alasan turunnya Islam di Arab berkaitan dengan persoalan bahasa. Kitab suci Islam dan Sunnah Nabi, yang merupakan sumber dan pokok seluruh ajaran Islam, dituturkan dalam bahasa Arab. Jangan-jangan ini disebabkan oleh kesempurnaan atau keistimewaan bahasa Arab sehingga dapat menjadi sarana yang baik untuk menjelaskan Islam secara tepat dan efektif, tanpa bias yang signifikan. Al-Quran sendiri menjelaskan bahwa ia diturunkan dalam bahasa Arab yang amat efektif untuk menjelaskan dan menerangkan (bilisanin arabiyyin mubin).

Apabila pemikiran yang belakangan ini kita terima, bukan berarti kemudian secara total kita mesti
menganggap bahwa segala yang berasal dari Arab adalah Islam. Dalam tataran dan batas-batas tertentu, memang ada hal-hal Arab yang memang khas Arab dan tidak untuk selain Arab. Apabila ini menyangkut aspek ruang maka parsialitas juga berlaku dalam aspek waktu. Tidaklah semua yang ada pada masa lalu itu harus ada pula pada masa sesudahnya (masa kini misalnya). Apabila dahulu orang bepergian jauh dengan unta, maka sekarang kita tidak harus melakukannya dengan cara yang sama pula. Dalam hal ini, kita harus bisa membedakan antara kawasan bidah dan yang bukan.

Wallahu alamu bish-shawab. Hanya Allah Yang Tahu
Semoga Bermanfat....

My Blog List

Followers

Blog Archive

Select Language (Pilih Bahasa)

CHRISTIAN. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
bisa request hal apapun + anda bisa juga memberi saran + anda juga bisa menambahkan informasi dari artikel terkait apabila ada kesalahan atau kekurangan salam.....4dm1n Vv^_^vV...( terima kasih )

†>Musik<†

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Tanggapan Anda

Bagaimana Menurut Anda Tampilan Information Blog
Elegan0%
Keren0%
Sederhana0%
Jelek0%
Sangat Jelek0%

Statistik

Hit Counter
Flag Counter Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net
Change Background of This Blog!


Copyright © 2012 Information | Share Article Unique -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan